Selamat Datang di Blognya Aniqoh

Obama Tak Ubah Kebijakan untuk Indonesia

JAKARTA, KAMIS - Terpilihnya Barack Obama sebagai Presiden Amerika Serikat (AS) yang baru dinilai tidak akan mengubah kebijakan strategis negara adikuasa itu terhadap Indonesia. "Dalam satu tahun ke depan tidak akan ada perubahan kebijakan yang strategis dari AS terhadap Indonesia," kata pengamat ekonomi, Ichsanuddin Noorsy, di Jakarta, Kamis (6/11).

Menurut Ichsanuddin Noorsy, Obama akan terfokus pada pembenahan ekonomi dan politik dalam negeri Amerika Serikat sehingga dalam setahun ke depan tidak akan ada perubahan yang berarti bagi Indonesia. Bahkan, katanya, dalam konteks kebijakan luar negeri AS, banyak yang sebelumnya menilai apapun partai dan siapapun calon presiden di Indonesia yang menang, Indonesia akan tetap berada di bawah penetrasi AS.

"Maka perubahan kebijakan hanya mungkin muncul dari Bank Dunia, IMF, dan ADB," katanya. Bank Dunia dinilainya jelas sudah mengikat Indonesia dengan pinjaman siaganya senilai 2 milair dolar AS.

Sementara International Finance Corporation (IFC) sudah terlebih dahulu mengikat Indonesia dengan proyek-proyek infrastruktur. Oleh karena itu, bila Indonesia tidak membenahi diri dalam hal struktur produksi dan pasar domestik, maka Indonesia hanya akan sekadar menjadi "ekor" atas perekonomian global yang dipimpin AS.

Khusus tentang sikap AS terhadap Afganistan, Noorsy menilai Indonesia akan masuk dalam daftar konsentrasi AS memerangi terorisme. "Di sini Indonesia harus cerdas dan jeli dengan merumuskan secara bijaksana sekaligus tajam apa yang dimaksud terorisme," katanya.

"Seandainya terorisme justru muncul dari kebijakan ekonomi multilateral yang memaksakan sehingga perekonomian suatu negara selalu terancam ketidakpastian maka hal ini harus diwapadai sejak awal," katanya. "Dalam konteks ini Barack Obama telah menyebarluaskan faham bahwa nasionalisme itu sangat penting dan melindungi kepentingan nasionalisme adalah segala-galanya."

0 comments:

Post a Comment

About This Blog

  © Blogger template The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP